Al Umm : Kitab Induk Karya Imam Syafi'i

Imam Syafi'i adalah genius muslim multitalenta. Beli ahli Al Qur'an, hafal ribuan hadits, ahli fiqih tentu saja, dan seorang penyair juga (Di lain kesempatan, admin akan mengunggah ebook kumpulan syair Imam Syafi'i, yakni Diwan Syafi'i). Syair beliau yang amat masyhur di kalangan kita mungkin adlah syair Ala La, tentang syarat-syarat pencari ilmu.

Beliau menngkombinasikan mazhab Maliki --beliau ngaji Al Muwattha' pada Imam Malik di Madinah-- yang bercorak tekstual dengan mazhab Hanafi yang bercorak rasional, lalu 'mendirikan' mazhabnya sendiri. Mazhab Syafi'i pun menjadi mazhab yang paling banyak diikuti muslim Indonesia. Ini terlihat, antaranya, dari kitab-kitab fiqih yang dipelajri di berbagai pesantren di Indonesia yang kebanyakan adalah turunan dari mazhab Syafi'iyah.

download kitab-Al Umm-masterpiece

Al Umm adalah karya babon dari Imam Syafi'i. Kitab ini sekarang terbagi menjadi beberapa jilid. Al Umm merupakan kitab masterpiece beliau yang berisi bahasan fiqih, ushul fiqih, dan kaidah fiqih yang dibuat dengan sangat detail. Kali ini, admin akan membagikan kitab Al Umm Jilid 1 dahulu. Kitab jilid satu ini berisi antara lain :

  • Tentang "Al Bayan" atau dasar-dasar umum agama Islam, yakni nash Al Qur'an, Hadits, Ijtihad, misalnya.
  • Zakat
  • Puasa
  • Haji
  • Kategori Hadits


Download Kitab Induk Al Umm karya Imam Syafi'i
Previous
Next Post »