Ebook : Money Madness, Kegilaan Akan Uang

Ebook : Money Madness, Kegilaan Akan Uang



Money Madness : The Psychology of Saving, Spending, Loving and Hating Money\
Penulis : Herb Goltber, Robert T. Lewis
Tahun terbit : 1978

Uang adalah dewa, uang adalah panglima, itu sepertinya yang menjadi kredo dunia saat ini. Orang tidak lagi mencari ilmu demi menghikmati atau mengamalkannya, tetapi  untuk menggunakannya sebagai alat saja dalam pencarian kekayaan. Tidak ada yang salah dalam uang secara substantif, kesalahan yang terjadi adalah cara pandang kita terhadap uang.

Kalau dalam terminologi Islam, ada sebuah hadits yang sangat terkenal, kurang lebih artinya, "Kecintaan kepada dunia adalah biangnya segala kesalahan." Dunia yang semula diandaikan sebagai alat, akhirnya malah menjadi tujuan. Orang yang memiliki uang bisa jadi bahagia, namun ia tidak mesti bahagia. Uang bisa menjadi salahsatu syarat kebahagiaan, tetapi bukan satu-satunya syarat.

Buku anggitan Herb Golberg dan Robert T. Lewis ini ingin, salahsatunya mengatakan hal tersebut. Money Madness, Kegilaan Akan Uang, sebuah judul yang mungkin provokatif dan berlebihan. Namun, apa yang hendak disampaikan sepertinya penting untuk kita perhatikan. Menurut keduanya, kebanyakan orang jatuh dalam jebakan uang, mereka terobsesi akan uang, sehingga perilakunya terdorong karena motif uang.

Money Madness, hendak membukakan kepada kita, bagaimana secara psikologis kita terkait dengan uang. Kata keduanya dalam buku ini, "Lebih dari apapun, kita mesti melihat dengan cermat psikologi perilaku kita terhadap uang, bagaimana pola destruktif yang dihasilkan olehnya, serta fantasi tidak realistis darinya. Jika orang dapat melepaskan diri dari keterikatian irasional dengan uang, maka mereka mungkin saja akan dapat mengalami kehidupan yang lebih memuaskan dan santai." Buku ini secara garis besar, bicara soal bagaimana orang beribadah kepada uang.

Begitu kira-kira menurut mimin. Sumonggo, silahkan, bagi yang hendak membaca lengkapnya, bisa unduh dari link di bawah ini.
Selamat membaca, semoga bermanfaat.
Ebook : Money Madnes, Kegilaan Akan Uang
Previous
Next Post »