Islam Ramah ala Gus Dur

Gus Dur terlalu masyhur untuk diperkenalkan. Beliau seseorang dengan multitalenta. Kyai yang juga pakar seni, budayawan yang juga politikus, ilmuwan yang juga gemar sastra. Beliau mungkin juga adalah presiden yang paling nyentrik yang pernah dipunyai Indonesia.

Sebagai seorang alim, intelektual, karya beliau tak terhitung. Beliau menulis dari soal sepakbola --beliau terkenal dengan kolom sepakbolanya yang tajam dan segar-- sampai islam dan politik.

Yang mungkin paling diingat dari beliau adalah keberanian dan keteguhannya dalam membela kaum minoritas di Indonesia. Beliau tidak sepakat dengan Islam yang gampang marah. Kita butuh Islam yang ramah, kata beliau. Karenanya beliau, salahsatunya menentang kalau Indonesia harus dijadikan negara Islam, karena akan semakin mempersempit ruang dan menyudutkan kaum minoritas.

Di sini kami hendak membagikan salahsatu buku kumpulan tulisan beliau yang berjudul, Islamku, Islam Anda, Islam Kita. Buku ini berisi buah pikir beliau tentang bagaimana Islam mestinya dipahami, khususnya Islam Indonesia. 

Bagi yang ingin membaca, dapat mengunduhnya dari sini
Previous
Next Post »