Karya-karya Mantap Vladimir Nabokov


Vladimir Nabokov
Ia adalah salahsatu nama dari sastrawan Rusia yang cukup gemilang. Berikut karya-karyanya, dapat diunduh disini.
Lectures on Literature
Stories of Vladimir Nabokov
Lolita
Pale Fire
Lecture on Russian Literature
Ada or Ardor


Vladimir Nabokov lahir pada tanggal 23 April 1899, di St. Petersburg, Rusia. The Nabokovs dikenal karena budaya dan komitmen yang tinggi untuk pelayanan publik, dan tua Nabokov adalah lawan vokal antisemitisme dan salah satu pemimpin partai oposisi, Kadets. Pada tahun 1919, setelah revolusi Bolshevik, ia membawa keluarganya ke pengasingan. Empat tahun kemudian ia ditembak dan dibunuh di sebuah rapat umum politik di Berlin ketika mencoba untuk melindungi speaker dari pembunuh sayap kanan.

The Nabokov rumah tangga adalah menguasai tiga bahasa, dan sebagai anak Nabokov sudah membaca Wells, Poe, Browning, Keats, Flaubert, Verlaine, Rimbaud, Tolstoy, dan Chekhov, di samping hiburan populer Sir Arthur Conan Doyle dan Jules Verne. Sebagai seorang pemuda, ia belajar Slavia dan bahasa cinta di Trinity College, Cambridge, mengambil gelar kehormatan di tahun 1922. Selama delapan belas tahun berikutnya ia tinggal di Berlin dan Paris, menulis subur di Rusia di bawah nama samaran Sirin dan mendukung dirinya melalui terjemahan, pelajaran dalam bahasa Inggris dan tenis, dan dengan menyusun teka-teki silang pertama di Rusia. Pada tahun 1925 ia menikah Vera Slonim, dengan siapa ia memiliki satu anak, seorang putra, Dmitri.

Setelah sudah melarikan diri Rusia dan Jerman, Nabokov menjadi pengungsi sekali lagi pada tahun 1940, ketika ia terpaksa meninggalkan Perancis untuk Amerika Serikat. Di sana ia mengajar di Wellesley, Harvard, dan Cornell. Ia juga menyerah menulis dalam bahasa Rusia dan mulai menulis fiksi dalam bahasa Inggris. Dalam penutup untuk Lolita ia mengklaim: "tragedi pribadi saya, yang tidak bisa, dan memang seharusnya tidak, menjadi perhatian siapa pun, adalah bahwa saya harus meninggalkan idiom alami saya, lepas, kaya, dan lidah Rusia jauh jinak saya untuk tingkat kedua merek Inggris, tanpa salah satu dari mereka aparat - cermin membingungkan, beludru latar belakang hitam, asosiasi tersirat dan tradisi yang ilusionis asli, frac-ekor terbang, secara ajaib dapat digunakan untuk mengatasi warisan dengan caranya sendiri ". [p. 317] Namun periode Amerika Nabokov yang melihat penciptaan apa yang dibilang karya terbesarnya, Bend Sinister (1947), Lolita (1955), PNIN (1957), dan Pale Api (1962), serta terjemahan novel Rusia sebelumnya ke dalam bahasa Inggris. Dia juga melakukan terjemahan bahasa Inggris dari karya-karya Lermontov dan Pushkin dan menulis beberapa buku kritik.

Vladimir Nabokov meninggal di Montreux, Swiss, pada tahun 1977.


Sumber : https://www.randomhouse.com/features/nabokov/biography.html

Previous
Next Post »