Kata Bu Menteri Susi, Subsidi BBM Bisa Buat Bangun 12 Universitas, Gan

BBM kayaknya mau naik lagi, Gan. Kenaikan BBM selalu jadi isu kontroversial. Kalau kata menteri Kelautan baru kita, Susi Pudjiastuti, subsidi BBM terlalu besar. Banyak yang bisa dilakukan kalau subsidi dialihkan, misalnya buat bangun banyak universitas baru di negeri ini. Buat nambah perspektif aja sih. Silahkan dibaca beritanya. :)


Susi : Dana Subsidi Bisa BBM-Bisa-Bangun-25-Universitas

TEMPO.CO , Jakarta:Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai uang yang habis untuk subsidi bahan bakar minyak Rp 300 triliun terlalu besar. Untuk itu, dia berharap Presiden Joko Widodo menghapuskan subsidi dengan rencana yang matang.

Susi mengatakan, uang subsidi BBM bisa disalurkan ke berbagai sektor. Contohnya pendidikan. "Kalau 100 triliun untuk pendidikan kita bisa buat 10 Universitas Indonesia, 10 Institut Teknologi Bandung dan 5 Universitas Gadjah Mada," kata dia dalam acara Chief Editors Meeting di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Jumat, 7 November 2014.

Hingga saat ini, pertumbuhan perguruan tinggi dalam negeri lamban. Susi mengatakan hal itu juga menjadi penyebab kurangnya sumber daya manusia di Indonesia. "Coba bayangkan, kalau banyak universitas di Indonesia. SDM akan terdongkrak," ujar dia.

Bos Susi air ini juga menilai pemberian subsidi BBM tidak tepat sasaran. Dia mencontohkan, dari Rp 11 triliun untuk subsidi BBM, lebih banyak dinikmati oleh nelayan besar.(Baca: Jokowi Ingin Alihkan Subsidi ke Sektor Produktif )

Padahal, kaya Susi, yang layak mendapatkan subsidi adalah nelayan kecil. "Nelayan kecil itu juga setuju harga BBM naik. Mereka hanya minta kepastian BBM itu ada," kata dia.

HUSSEIN ABRI YUSUF
Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/11/08/078620468/Susi-Dana-Subsidi-BBM-Bisa-Bangun-25-Universitas
Previous
Next Post »