Televisi, Bangsa dan Budaya Indonesia

Televisi, Bangsa dan Budaya Indonesia


Berapa lama yang kita habiskan untuk menonton televisi? Acara apa saja yang kita tonton? Mengapa kita menontonnya. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang mestinya kita ajukan saat ini. Meskipun kita telah memasuki Era Informasi dengan internet sebagai platform pencarian informasi, namun televisi tetap saja memiliki tempat yang penting bagi sebagian besar penduduk negara Indonesia. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, mungkin televisi tidak lagi menjadi sumber informasi bagi khususnya kelas menengah kota. Namun, bagi sebagian yang lain, tetap saja televisi menjadi kanal informasi utama.

Philip Kitley memberikan deskripsi dan analisis yang menarik mengenai Televisi dan Budaya Indonesia. Dalam bukunya yang berjudul : Television, Nation, and Culture in Indonesia, ia berusaha menghubungkan bagaimana televisi berkaitan dengan kebangsaan dan budaya kita. Kitley dalam awal-awal buku ini menjelaskan tentang awal perkembangan televisi di Indonesia, secara historis. Dari mulai sejarah monopoli dunia pertelevisian, diversifikasi kepemilikan, sampai konten-konten yang ada di dalamnya.

Buku ini penting untuk dibaca, kalangan peneliti, khususnya bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi yang memang bersentuhan langsung dengan kajian media di Indonesia.
Bagi agan-agan mahasiswa, atau pembaca yang ingin membaca, bisa unduh ebook nya di link di bawah ini.

Semoga bermanfaat, dan selamat membaca.
Televisi, Bangsa, dan Budaya Indonesia
Previous
Next Post »